Pupuk Organik


Pengaruh pupuk organik terhadap kualitas tanah

Masalah penting yang kerap kali dihadapi oleh para petani adalah tingkat penurunan kesuburan tanah secara berangsur-angsur yang dirasakan saat menjelang datangnya panen. Hal ini disadari dengan penurunan hasil panen tanaman pangan dari tahun ke tahun dan musim ke musim. Kondisi seperti itu memang wajar terjadi karena pemeliharaan kualitas tanah yang tidak terjaga dengan baik khususnya dalam pemeliharaan tanah. Salah satunya pemakaian pupuk kimia yang berlebih sehingga mencemari tanah, terjadinya erosi tanah sehingga lapisan humus tercuci, dan perubahan struktur kemunduran tanah secara bertahap.

Pupuk organik yang didalamnya terdapat bahan organik berpengaurh terhadap pasokan unsur hara tanah disamping juga menjaga sifat fisik, biologi dan kimia tanah. Peranan pupuk organik yang didalamnya terdapat bahan-bahan organik terhadap sifat fisik tanah meliputi struktur, konsistensi, porositas, daya mengikat air, dan menjaga ketahanan tanah terhadap erosi. Pupuk organik dengan bahan organik merupakan salah satu pembentuk agregat tanah yang mempunyai peran sebagai bahan perekat antar partikel tanah. Komponen asam humat dan asam fulvat sebagai sementasi partikel tanah membentuk logam-humus. Pada tanah pasir pupuk organik mampu berperan sebagai pembentuk struktur tanah dari bentuk tunggal ke gumpal yang bermanfaat untuk mencegah porositas tinggi.

Pupuk organik juga mempunyai manfaat dalam memberikan media bagi kehidupan mikroorganisme menguntungkan bagi kesuburan tanah dan mengurangi porostias pada tanah pasir dan membantu aerasi pada tanah lempung. Pemakaian pupuk organik sangat disarankan khususnya bahan-bahan organik yang terkandung didalam pupuk Super Natural Nutrition, Sari Alam Nusantara Tanaman dan Pupuk Organik lainnya dari Mitratani. Kandungan bahan organik penting yang terdiri dari unsur N, P dan S yang penting dalam proses mineralisasi serta kandungan asam humat dan fulvat disertai dengan polifenol sangat disarankan untuk dipergunakan bagi peningkatan kualitas tanah dan produktiftas hasil tanaman.

Pupuk organik Mitratani tidak hanya menyediakan hara tanaman saja tetapi juga perbaikan fisik, biologi dan kimia tanah lainnya seperti terhadap pH tanah, kapasitas pertukaran kation dan anion tanah, daya sangga tanah dan netralisasi unsur meracun seperti Fe, Al, Mn dan logam berat lainnya. Peranan secara biologi meningkatkan aktiiftas mikrobia tanah dimana dari aktifitas mikrobia tanah akan dihasilkan berbagai zat pengatur tumbuh dan vitamin yang akan berdampak positif bagi pertumbuhan tanaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s